Yusuf, Muhammad (2021) PENILAIAN OTENTIK ASPEK KETERAMPILAN DALAM PRAKTIK SALAT DI SDN KURIPAN 3 KARANGAWEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (385kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (385kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (495kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (953kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (549kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (524kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (561kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (386kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (386kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (902kB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (363kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21501900011_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501900011_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pelaporan Penilaian Otentik Aspek Keterampilan Dalam Praktik Salat di SDN Kuripan 3 Karangawen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penilaian otentik aspek keterampilan pada penilaian praktik salat di SDN Kuripan 3 Karangangawen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan deskripsi kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, perencanaan Penilaian Otentik Aspek Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu Tujuan Penilaian, RPP Daring Praktik Salat, Kisi-kisi Penilaian Praktik salat, Rubrik Penilaian Praktik salat. Pada aspek ini guru tidak membuat data Instrumen Penilaian Praktik. Pelaksanaan Penilaian Otentik Aspek Keterampilan dalam praktik salat menggunakan aplikasi Zoom sebagai pembelajaran. Perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan karena masih ada aspek penilaian keterampilan yang belum dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu Penilaian Portofolio. Pelaporan Penilaian Otentik Aspek Keterampilan dalam praktik salat baik. Pelaporan nilai keterampilan sebagai laporan hasil belajar peserta didik yang terdapat aspek skor 1-100, Predikat, dan Deskripsi singkat.

Kata Kunci: Penilaian Otentik, Penilaian Keterampilan, Pendidikan Agama Islam.

Dosen Pembimbing: Shidiq, Ghofar and Sarjuni, Sarjuni | nidn0611036402, nidn0623066901
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:43
Last Modified: 02 Jun 2022 04:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item