Rohman, Hifni Auliaur (2021) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di MTs Banat Tajul Ulum Brabo). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (235kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (253kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (287kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (698kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (279kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (315kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (506kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (244kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (257kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (405kB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (237kB)
[thumbnail of MPDI_21501700004_fullpdf.pdf] Text
MPDI_21501700004_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Auliaur Rohman, Hifni. 2021. Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqih Studi Kasus di MTs Banat Tajul Ulum Brabo. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pasca Sarjana UNISSULA Semarang, dibimbing oleh: Dr. H. Ghofar Shidiq dan Sarjuni, S.Ag. M.Hum.
Pembelajaran fiqih s penting di era sekarang, melihat kondisi di era jaman sekarang yang semakin carut marut karena lebih mementingan egonya. Pentingnya Pembelajaran fiqih ini menuntut para pendidik untuk selalu progresif dan proaktif dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan lingkungan serta kondisi peserta didik, salah satu metode itu adalah metode demonstrasi sebagai cara memahami pandangan hidup yang membuat suasana kegiatan belajar mengajar lebih kreatif dan menarik, tentunya hal ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam bidang mata pelajaran fiqih dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik tidak lagi mengalami kesenjagan antara materi dan kenyataan. Madrasah yang menerapkan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu Mts banat tajul ulum brabo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; mengetahui perencanaan pembelajaran fiqih dengan metode demonstrasi di MTs Banat Tajul Ulum Brabo, mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqh dengan metode demonstrasi di MTs Banat Tajul Ulum Brabo serta mengetahui evaluasi pembelajaran di MTs Banat Tajul Ulum Banat Tajul Ulum Brabo dengan metode demonstrasi di MTs Banat Tajul Ulum Brabo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mengunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang sudah dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak sesuai, memaparkan data dan akhirnya menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan pembelajaranFiqihdi MTs Banat Tajul Ulum di susun dalam RPP Ssudah baik, dengan menentukan indikator, menentukan tema, menentukan media dan instrumen penelitian (2) pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi berlangsung dengan baik karena sudah sesuai gambaran pelaksanaan pembelajan yan di dalamnya menyangkut tentang pelaksanaan antara sebelum dan sesudahtaha di laksanakan pembelajaran (3) Evaluasi pembelajaran fiqih berjalan dengan baik karena dilaksanakan di setiap akhir pertemuan.
Katakunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran, Fiqih.

Dosen Pembimbing: Shidiq, Ghofar and Sarjuni, Sarjuni | nidn0611036402, nidn0623066901
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:58
Last Modified: 03 Jun 2022 03:58
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22550

Actions (login required)

View Item View Item