Hiswatunnida, Fadhila (2020) KELENGKAPAN INFORMASI OBAT OLEH TENAGA KEFARMASIAN BERDASARKAN JENIS KEPEMILIKAN APOTEK (FRANCHISE/ NON FRANCHISE) DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (656kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (211kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (178kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (230kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (308kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (482kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (170kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (128kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan bagian sistem pelayanan kesehatan berorientasi pada pelayanan pasien dan penyediaan obat yang bermutu. Praktik kefarmasian di apotek dilakukan berdasarkan standar pelayanan kefarmasian di apotek. Implementasi pelayanan kefarmasian yang diberikan di apotek franchise dan non franchise harus memenuhi standar pelayanan kefarmasian di apotek, dalam aspek pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai, ataupun pelayanan farmasi klinik, termasuk pemberian informasi obat. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelengkapan informasi obat oleh tenaga kefarmasian berdasarkan jenis kepemilikan apotek (Franchise / Non Franchise) di Kota Semarang.
Jenis penelitian ini analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien/ penerima layanan jasa di Apotek (Franchise / Non Franchise) Kota Semarang. Sampel yang diambil sejumlah 286 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik snowball sampling. Data diambil menggunakan kueisioner online google form tentang kelengkapan informasi yang diberikan kepada pasien dan telah diuji validitas dan reliabitiasnya. Terdiri 9 pernyataan layanan kefarmasian di apotek, 1 pertanyaan tentang peran apoteker dalam pendidikan pasien, dan 7 pertanyaan tentang informasi obat oleh tenaga kefarmasian di apotek dengan jawaban skala likert 1-3 poin. Analisis statistik menggunakan Uji Mann Whitney dengan p-value < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai median skor total apotek franchise yaitu 19,00, sedangkan apotek non franchise yaitu 18,00, dengan p-value 0,264.
Hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kelengkapan informasi obat oleh tenaga kefarmasian pada apotek franchise ataupun non franchise di Kota Semarang.

Kata kunci : Informasi obat, pelayanan kefarmasian, tenaga kefarmasian, apotek franchise dan non franchise.

Dosen Pembimbing: Febrinasari, Nisa and Rosyid, Abdur | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:29
Last Modified: 15 Apr 2021 07:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item