BUNAYA, ALIF (2020) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
COVER.pdf |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
![]() |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf |
![]() |
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini mengamati pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional siswa di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menghitung data menggunakan rumus product moment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan jumlah 41 santri. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi.
Dalam pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang Tahun 2020. Setelah dilakukan uji diketahui r tabel 0,308 diperoleh r hitung sebesar 0,603 dengan jumlah responden 41 peserta didik. Hal tersebut menunjukan pengaruh positif antara pembiasaan sholat dhuha dengan kecerdasan emosional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ada pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Karena didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis diterima (signifikan).
Kata kunci: pembiasaan shalat dhuha, kecerdasan emosional
Dosen Pembimbing: | SHOLEH, MUHTAR ARIFIN and FARHAN, MOH. | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 07:28 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 07:28 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |