NIAM, DICHA BAHRUN (2020) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN GENERAL LIFE SKILL BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI SMP ASKHABUL KAHFI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
COVER_1.pdf |
![]() |
Text
ABSTRAK_1.pdf |
![]() |
Text
DAFTAR ISI_1.pdf |
![]() |
Text
BAB I_1.pdf |
![]() |
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf |
![]() |
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan harus mengupayakan terjadiya transfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge)
dan transfer nilai (transfer od value) secara berimbang. Namun pada kenyataannya secara
umum justru pendidikan saat ini lebih menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif).
Kecakapan hidup yang bersifat khusus kurang diperhatikan, terkhusus kecakapan hidup yang
bersifat generik (general life skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan
pengembangan general life skill berbasis nilai-nilai Islam di SMP Askhabul Kahfi Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) menggunakan
pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan
triangulasi data yang meliputi : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan general life skill yang mencakup dua aspek
personal skill dan sosial skill telah dilakukan dengan baik. Adapun pelaksanaan
pengembangan general life skill yang terdiri personal skill : a. Penghayatan diri sebagai
makhluk Tuhan (abdullah) sebagai manifestasi nilai akidah, meliputi : 1) Mengucapkan
salam ketika berjumpa bapak/ibu guru dan teman, 2) Bersalaman ketika datang dan pulang
sekolah, 3) Berdoa saat sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, 4) Sholat lima waktu
berjamaah, 5) Program tahfidz al Qur‟an, 6) Muhasabah Wa Tarbiyah, b. Kemandirian yang
terdiri 1. Sekolah berbasis pondok pesantren, 2. Organisasi ISPA (Ikatan Santri Pelajar
Askhabul Kahfi). Sedangkan aspek sosial skill sebagai manifestasi niali akhlak meliputi :
berkomunikasi, bekerjasama, dan empati yang telah diterapkan dengan pendekatan saintifik
dan religius dalam kegiatan pembelajaran. Evaluasi pelaksanaan pengembangan general life
skill termaktub dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun dalam kegiatan
ektrakurikuler, kokurikuler dan intrakurikuler yang terintegrasi. Guru mampu mengatasi
kendala yang dihadapi dengan solusi monitoring secara terprogram dengan istilah muhasabah
wa tarbiyah.
Kata kunci : pelaksanaan, general life skill, nulai-nilai Islam
Dosen Pembimbing: | SUSIYANTO, SUSIYANTO and SARJUNI, SARJUNI | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 03:00 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 03:00 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |