Djatmiko, Bagas Dwi (2020) STUDI NUMERIK PENGARUH ELEVASI PILE CAP TERHADAP PONDASI BOREDPILE PADA TIMBUNAN OPRIT JEMBATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK_1.pdf] Text
ABSTRAK_1.pdf

| Download (10kB)
[thumbnail of BAB I_1.pdf] Text
BAB I_1.pdf

| Download (157kB)
[thumbnail of COVER_1.pdf] Text
COVER_1.pdf

| Download (799kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_1.pdf] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

| Download (381kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

| Download (7kB)
[thumbnail of BAB II_1.pdf] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (617kB)
[thumbnail of BAB III_1.pdf] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (580kB)
[thumbnail of BAB V_1.pdf] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (137kB)
[thumbnail of BAB IV_1.pdf] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (4MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (340kB)

Abstract

OpritaJembatan adalah timbunan tanah atau urugan dibelakang abutment yang dibuat sepadat mungkin untuk menghindari penurunan. seiring dengan membesarnya tuntutan keamanan jembatan terhadap gempa, maka tinggi timbunan di belakang abutment dibatasi ketinggiannya. Hal tersebut mengakibatkan elevasi pile cap dinaikkan berada pada posisi di atas timbunan. Keadaan tersebut mempengaruhi besarnya gaya lateral yang diterima oleh pile.
Pada tugas akhir ini dilakukan 3 permodelan dengan program numerik Plaxis V.8.6 yaitu 1.) permodelan tinggi timbunan sesuai elevasi pile cap(0m,3m,m,9m), 2.) permodelan tinggi timbunan 6 m dan depan abutment 1 m(0m,3m,m,9m), 3.) permodelan tinggi timbunan 6 m dengan tinggi timbunan depan abutment 5 m (0m,3m,m,9m) guna mengetahui perbandingan pengaruh elevasi pile cap pada pondasi bored pile terhadap timbunan oprit jembatan.
Hasil dari pengerjaan ini menunjukan bahwa standar kriteria (AASHTO = 3.8 cm) untuk lateral deformation pada 3 permodelan ini berbeda-beda nilainya. Permodelan pertama dihasilkan nilai lateral deformation belum memenuhi standar kriteria, Permodelan kedua didapatkan nilai lateral deformation sebesar 3.8 cm hanya di elevasi dasar timbunan, Dan permodelan ketiga didapatkan hasil yang sesuai standar kriteria (AASHTO = 3.8 cm) di semua elevasi (dasar, 0 m, 3 m, 6 m, 9 m). Dari ketiga permodelan tersebut hanya permodelan ketiga yang dapat memenuhi standar kriteria AASHTO dengan hasil sebesar 3,8 disetiap elevasi (0m,3m,m,9m).

Kata kunci : Oprit Jembatan, elevasi, timbunan, AASHTO, lateral deformation, permodelan

Dosen Pembimbing: KARLINASARI, RINDA | nidn0623026901
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:50
Last Modified: 15 Apr 2021 02:50
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18960

Actions (login required)

View Item View Item