Sholeh, Sholeh (2019) Perpustakaan sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Sekecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (684kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (192kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (145kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (105kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

| Download (255kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (506kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (213kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (221kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (375kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (247kB)

Abstract

Permasalahan pada peneltian ini meliputi: fungsi perpustakaan, bahan
koleksi perpustakaan, pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta pemanfaatan perpustakaan sebagai
sumber belajar oleh pendidik Pendidikan Agama Islam dalam pembelajarannya.
Tujuannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan fungsi, bahan koleksi dan
pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam serta mendiskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh pendidik Pendidikan
Agama Islam bagi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi
langsung dalam situasi yang wajar. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan
model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi perpustakaan sebagai sumber
belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam baru sebatas sebagai pusat
penyimpanan bahan koleksi yang berupa buku paket Pendidikan Agama Islam,
bahan koleksi perpustakaan yang dimiiki sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya pada penyediaan buku paket
pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan pengelolaan perpustakaan dalam
mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam baru dalam hal melayanani peminjaman buku paket
Pendidikan Agama Islam dan pemanfaatan perpustakaan oleh pendidik
Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan perpustakaan sebagai sumber
belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tarafnya baru pada
pemanfaatan dalam menggunakan buku paket yang disediakan oleh perpustakaan.
Keadaan perpustakaan di SMK sekecamatan Karangawen Kabupaten Demak
seperti ini dikarenakan adanya faktor yang mempengaruhinya. Di mana pada
penelitian ini mengenai perpustakaan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam hanya pada pengadaan dan peminjaman buku paket
Pendidikan Agama Islam dalam kelangsungan pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Kata kunci: Perpustakaan, Sumber belajar, Pendidikan Agama Islam

Dosen Pembimbing: Supadie, Didiek Ahmad and Muhtar, Muhammad | nidn8899570018, nidn0623126401
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:34
Last Modified: 27 Aug 2020 03:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item