Ni'mah, Ulyn (2019) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (134kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (234kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (133kB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

| Download (138kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (332kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (140kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (150kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (185kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (141kB)

Abstract

Sumber belajar yang selama ini ada dalam dunia pendidikan adalah buku teks pelajaran. Sumber belajar tersebut tentu saja mempunyai banyak kendala.
Diantaranya kurang updatenya dalam perkembangan zaman. Di sisi lain, internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia, tidak terkecuali remaja yang biasanya ada pada jenjang SMP. Melihat fenomena tersebut maka penulis berusaha menjembatani anatar kedua gap di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat internet sebagai sumber belajar.
Dalam pengembangan ilmu, studi ini menghasilkan temuan antara lain memodifikasi teori sumber belajar Musfiqon ( 2011:30) menjadi sumber belajar berbasis internet, teori sumber belajar internet mata pelajaran umum (Adrie: 2007)
menjadi sumber belajar PAI, teori aspek pembelajaran (Daradjat, 2014: 196) ) dan teori-teori yang berhubungan dengan sumber belajar yang memanfaatkan internet.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak yang sudah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam.
Pemanfaatan sumber belajar tersebut meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) da psikomotorik (keterampilan). Pemanfaatannya meliputi browsing, searching, dan mengakses youtube serta google.
Kesimpulan terpadu menunjukkan bahwa internet sangat bisa
dipergunakan sebagai sumber belajar alternatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam baik pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif ( sikap) dan psikomotorik ( keterampilan) di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Meskipun
tidak semua materi bisa memanfaatkan internet, namun keberadaan internet ini sangat bermanfaat sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: manfaat, internet, sumber belajar, pendidikan agama Islam,kognitif, afektif, psikomotorik

Dosen Pembimbing: Shidiq, Ghofar and Ali, Ali | nidn0611036402, nidn0615075804
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:20
Last Modified: 31 Aug 2020 02:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item