AGUSTIN, SINTA (2019) PEMASARAN INTERNAL: HUBUNGANNYA TERHADAP KINERJA EKSTERNAL PEGAWAI DAN ORIENTASI PELANGGAN MELALUI KINERJA INTERNAL PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
| ![Abstrak.pdf [thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Abstrak.pdf | 
| ![Cover.pdf [thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Cover.pdf | 
| ![Daftarisi.pdf [thumbnail of Daftarisi.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftarisi.pdf | 
| ![publikasi.pdf [thumbnail of publikasi.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text publikasi.pdf | 
| ![babI.pdf [thumbnail of babI.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text babI.pdf | 
| ![babII.pdf [thumbnail of babII.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text babII.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![babIII.pdf [thumbnail of babIII.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text babIII.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![babV.pdf [thumbnail of babV.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text babV.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![babIV.pdf [thumbnail of babIV.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text babIV.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![daftar_pustaka.pdf [thumbnail of daftar_pustaka.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text daftar_pustaka.pdf | 
| ![lampiran.pdf [thumbnail of lampiran.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text lampiran.pdf | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal pada institusi pemerintahan, khususnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP Madya Semarang). Penelitian dilakukan dengan mengambil responden seluruh pegawai KPP Madya Semarang. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai KPP Madya Semarang sejumlah 128 orang dan sejumlah 101 kuesioner kembali untuk diolah penulis. Pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel serta analisis efek mediasi menggunakan Sobel Test dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pemasaran internal memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan. Sementara pengaruh tidak langsung yang diuji pada hubungan antara orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa kinerja internal mampu memediasi hubungan antara orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan pada KPP Madya Semarang.
Kata Kunci : orientasi pemasaran internal, kinerja internal, kinerja eksternal pegawai, orientasi pelanggan, institusi pemerintahan
| Dosen Pembimbing: | Ratnawati, Alifah | nidn0611106301 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen | 
| Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2020 07:57 | 
| Last Modified: | 22 Jan 2020 07:57 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15310 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
