Iffani, Dini (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (404kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (94kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (110kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (154kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (127kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (56kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (116kB)
[thumbnail of Bab VI.pdf] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (8MB)

Abstract

Latar Belakang : World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anakanak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8 sampai 9% anak prasekolah mengalami masalah psikososial khususnya masalah sosial emosional seperti kecemasan, susah beradaptasi, susah bersosialisasi, susah berpisah dari orang tua, anak sulit diatur, dan perilaku agresif. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah di TK Taqwal Ilah Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis deskriptif komparatif yang menggunakan desain penelitian cross sectional, penggumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 54 responden dengan Teknik total sampling. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 37 dari 39 anak (28,8%) menggunakan gadget dengan durasi >1 jam per hari dan memiliki perkembangan psikososial beresiko. Sebanyak 2 dari 39 anak (10,8%) menggunakan gadget dengan durasi >1 jam per hari dengan perkembangan psikososial yang sehat. Simpulan dan Saran : Ada hubungan antara penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (P value < 0,000) menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget.

Kata Kunci : gadget, perkembangan psikososial, anak prasekolah

Dosen Pembimbing: Febriana, Betie and Setyowati, Wahyu Endang | nidn0623028802, nidn0612077404
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:29
Last Modified: 09 Jan 2020 02:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item View Item