Rahman, Habib (2018) Peran Pengawas Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan (Studi Kasus di MTs se Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
| 
              
Text
 Cover.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Abstrak.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Pernyataan_publikasi.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Daftarisi.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BabI.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BabII.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BabIII.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BabIV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BabV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar_pustaka.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Pernyataan_publikasi.pdf  | 
          
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah di MTs se kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, dalam hal ini peneliti mengambil objek penelitian tiga sekolah , yaitu MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda, dan bagaimana peran supervisi akademik oleh pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah di Madrasah Tsanawiyyah. Dan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda
Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif. Peneliti mengumpukan data dengan menggunakan deskriptif kualitiatif, adapun metode-metodenya yaitu: 1) observasi 2) dokumentasi (3) dan wawancara dengan melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengawas sekolah telah melaksanakan pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di MTs N 1 kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda, serta melakukan tindak lanjut. Hasil supervisi akademik pengawas sekolah berperan positif, terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda. Pada indikator perencanan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Untuk indikator pengembangan potensi peserta didik, belum sepenuhnya maksimal dilakukan oleh pengawas sekolah.
Kata Kunci : pengawas sekolah, supervisi akademik, kompetensi pedagogik
| Dosen Pembimbing: | Djamaluddin, Djamaluddin and Ali, Ali | UNSPECIFIED, nidn0615075804 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:24 | 
| Last Modified: | 26 Nov 2019 07:24 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13652 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
