Khafidin, Khafidin (2018) Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Cover.pdf |
![]() |
Text
Abstrak.pdf |
![]() |
Text
Pernyataan_publikasi.pdf |
![]() |
Text
Daftarisi.pdf |
![]() |
Text
BabI.pdf |
![]() |
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Daftar_pustaka.pdf |
![]() |
Text
Lampiran.pdf |
Abstract
Latar belakang dari penelitian adalah peniliti menemukan kesenjangan antara penerapan metode cooperative learning yang ideal dengan kondisi fakta di lapangan, karena pada saat pembelajaran cenderung ramai dan terdapat beberapa siswa yang belum memahami materi pelajaran, hal ini tentu mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Penerapan metode yang kurang maksimal dapat mengakibatkan pembelajaran berlangsung kurang kondusif, sehingga membuat pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa menjadi kurang maksimal. Dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data yang menggunakan tiga prosedur yaitu reduksi data, display data, dan konklusi yang kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak diantaranya yaitu; Madrasah Aliyah Negeri Wonosalam Demak, Madrasah Aliyah Miftahussalam Wonosalam Demak, dan Madrasah Aliyah Sholahuddin Woonosalam Demak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak yaitu (1) Implementasi terdiri dari; Pertama yaitu Perencanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Akidah Islamiyah yang disusun dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik dengan menentukan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi atau bahan ajar, alokasi waktu, metode-metode pembelajaran, media yang relevan dengan metode, dan instrument penilaian. Kedua yaitu Pelaksanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah efektif dilakasanakan sesuai pada tahapan perencanaan. Ketiga yaitu Evaluasi metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah yang menggunakan bentuk tes tertulis dengan menggunakan instrument soal yang diambilkan dari buku Guru dan dan lembar kerja siswa sudah efektif. (2) Efektivitas yang terdiri dari; Pertama yaitu Proses pembelajaran metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) telah efektif disampaikan secara keseluruhan. Kedua yaitu Hasil Pembelajaran dengan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah secara hampir keseluruhan telah berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).
Kata Kunci: Cooperative Learning, Akidah Akhlak
Dosen Pembimbing: | Ahmad Supadie, Didiek and Muhammad, Muhammad | nidn8899570018, nidn0623126401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 07:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 07:28 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |