Nadlirin, Nadlirin (2018) Managemen Pendidikan di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (284kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (315kB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Download (151kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (389kB)
[thumbnail of BabI.pdf] Text
BabI.pdf

| Download (110kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (596kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (104kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (154kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (332kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf] Text
Daftar_pustaka.pdf

| Download (124kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (300kB)

Abstract

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi, Polaman, Mijen, Semarang, berada di bawah naungan Yayasan Askahbul Kahfi Semarang merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal dengan model salafiyah-khalafiyah syumuliyah atau intgratif. Landasan penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren mengacu pada UU No.30 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.
Permaslahan yang masih dihadapi adalah mengenai managemen administratif kurikulum pendidikan, baik aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, maupun managemen operatif keuangan dan sarana pasarana pendidikan sudah dikelola namun belum berjalan semestinya. Apabila keduanya yaitu; managemen administratif kurikulum pendidikan dan managemen operatif pendidkan di pondok pesantren pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang dikelola dengan baik, maka pendidikan di pondok pesantren tersebut terus dapat berkambang dan lebih maju, di tengah persaingan pendidikan non formal lain yang lebih modern. Oleh sebab itu, fungsi managemen administratif kurikulum pendidikan dan managemen operatif kurikulum pendidikan di pondok pesantren memiliki peran penting untuk dikelola dengan benar agar pondok pesantren dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah: (1). untuk mendeskripsikan penerapan managemen administratif kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang.; (2). untuk mendeskripsikan penerapan managemen operatif kurikulum pendidikan di Pondok pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menganalisa data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Metode dalam penelitian yaitu: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi dengan melibatkan pengasuh, pengurus, ustadz, ustadzah dan santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan managemen administratif kurikulum pendidikan di pondok pesantrean Askhabul Kahfi Polaman, Mijen Semarang, dilihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan sudah berjalan dengan baik. Demikian pula dengan managemen operatif kurikulum pendidikan di pondok pesantrean Askhabul Kahfi Polaman, Mijen Semarang dilihat dari aspek managemen keuangan pendidikan, dan sarana prasarana pendidikan di pondok pesanttren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang baik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Managemen, Administratif, Operatif, Pendidikan, Pondok Pesantren, Askhabul Kahfi.

Dosen Pembimbing: Abdullah, Abdullah and Ali, Ali | UNSPECIFIED, nidn0615075804
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:22
Last Modified: 21 Nov 2019 07:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item