HALIM, ABDUL (2018) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BabI.pdf]
Preview
Text
BabI.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (991kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut : 1). Bagaimana implementasi metode domonstrasi pada pembelajaran fiqih yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara. 2). Bagaimana efektifitas dalam penggunaan metode demonstrasi pada matapelajaran fiqih.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kwalitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih. Informannya adalah kepala sekolah, guru, wali murid, dan murid. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah–langkah analisis yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih di SDIT Sultan Agung 5 Kriyan Jepara dan SD Muhammadiyah Kriyan Jepara baik danefektif karena di susun dalam sebuah perencanaan dan dilaksanakan sesuai pelaksanaan serta menimbulkan efek langsung dalam belajar siswa dalam hal perhatian, aktif, dan tidak ada kendala yang berarti serta mempunyai efektifita stinggi karena program yang di susun dalam penerapan metode demonstrasi berhasil dilaksanakan dengan hasil yang meningkat dan member efek positif bagi peserta didik.

Kata Kunci :Efektifitas, Metode Demonstrasi, dan Pembelajaran Fiqih.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:56
Last Modified: 30 Apr 2019 01:56
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item