Dewi, Nur Lusiana (2018) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA WHEELS SMART KELAS V SDN 02 KRAMAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (9kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (229kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (309kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (204kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (351kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (596kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (661kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (142kB)
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah Matematika materi bangun datar melalui model Problem Solving berbantuan media Wheels Smart di kelas V SDN 02 Kramat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksana, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini kelas V SD Negeri 02 Kramat, dengan jumlah siswa 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pada siklus I kemandirian belajar mendapatkan presentase 71,25% dalam kategori kemandirian belajar baik, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan mendapat presentase 88,23% dalam kategoro kemandirian belajar sangat baik. Uji gain ternormalisasi sebesar 0,6% dalam interpretasi sedang. Pada kemampuan pemecahan masalah, siklus I memperoleh presentase klasikal 66,7% dengan rata-rata 70,16, sedangkan siklus II ketuntasan klasikal 85,18% dengan rata-rata 86,81. Uji gain ternormalisasi sebesar 0,4% dalam interpretasi sedang.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Solving. Media Pembelajaran Wheels Smart

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:10
Last Modified: 05 Oct 2018 04:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item