Maulidah, Zulfa (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU KULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual kelas V SDN Bangetayu Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Teknik penilaian data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase klasikal 79,06% dan pada siklus I kriteria rasa ingin tahu belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria sangat baik dengan persentase klasikal 93,01%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,02 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,09% meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 88,55 dan persentase ketuntasan klasikal 88,37% berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Pkn kelas V SDN Bangetayu Kulon. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 04:47 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 04:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9563 |
Actions (login required)
View Item |