UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA ALAT PERAGA PAPAN DIAGRAM BATANG DI KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01

Rahmawati, Uli (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA ALAT PERAGA PAPAN DIAGRAM BATANG DI KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan dengan media alat peraga papan diagram batang di kelas IV SD Negeri Sawah Besar 01, Kecamatan Gayamsari Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sawah Besar 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan aspek kreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I penilaian menggunakan observasi kreativitas siswa memperoleh presentase pertemuan 1 yaitu 72% dan pertemuan 2 yaitu 75% termasuk kriteria baik. pada sikus II memperoleh presentase pertemuan 1 yaitu 85% dan pertemuan 2 yaitu 87% termasuk kriteria sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I ada 16 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum persentase ketuntasan kelas 40 %. Pada siklus II ada 34 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum persentase ketuntasan kelas 85%. Pembelajaran dengan model mind mapping berbantuan dengan media alat peraga papan diagram batang dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Matematika di kelas IV SD Negeri Sawah Besar 01. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item