Ningrum, Indah Puji (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan media gambar di kelas IVA SDN Tambakroto kecamatan Sayung Demak.jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus satu siklus 2 pertemuan.tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambakroto kecamatan Sayung Demak tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Teknik tes terdiri evaluasi, teknik non tes terdiri dari angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adanya hasil sikap disiplin siswa siklus I dengan presentase 79.76% sedangkan hasil sikap disiplin siklus II dengan presentase 84.65%. Sikap disiplin siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dengan presentase 79.41% dengan siswa yang tuntas berjumlah 27. Sedangkan pada siklus II hasil prestasi belajar siswa yang tuntas 30 dengan presentase 88.23%. bedasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar kelas IV SDN Tambakroto. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two,berbantuan media gambar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9407 |
Actions (login required)
View Item |