Ardli, Mohammad Rijal (2017) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH DALAM MENANGANI MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2017 DI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
1 COVER.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Pemerintahan yang bersih dan efektif merupakan keinginan setiap warga negara. Di samping tuntutan menjadi bersih dan efektif Pemerintah juga dituntut untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, namun pada kenyataannya penyelenggaraan pelayanan publik masih banyak ditemui kekurangan dan kecurangan. Dari hal tersebut, Ombudsman sangat di butuhkan peran aktifnya dalam membersihkan maladministrasi terkhusus pungli dan praktik kotor pelayan publik. Maka Atas dasar tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang “Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah dalam Menangani Maladministrasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Penerimaan Peserta Didik Baru 2017 di Jawa Tengah)”, dengan mengangkat permasalahan mengenai peran Ombudsman Jawa Tengah, Hambatan yang dialami, serta solusi dalam menangani permasalahan yang dialaminya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian langsung di Ombudsman Jawa Tengah. Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan data skunder, dan analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini melakukan wawancara di Kantor Ombudsman Jawa Tengah. Dari penelitian ini didapat bahwa Ombudsman berperan sebagai penerima laporan serta melakukan investigasi terhadap terlapor, selanjutnya menindaklanjuti laporan tersebut kemudian melakukan monitoring. Dalam melakukan penanganan permasalahan tersebut masalah sumber daya manusia dan dana operasional ada hambatan yang dialami oleh Ombudsman, dengan itu Ombudsman mengurangi investigasi secara langsung kelapangan sebagai solusi dari hambatan yang dialami. Dengan ini diharapkan dari pihak-pihak terkait dapat meningkatkan pelayan terhadap masyarakat guna penerapan Undang-undang Pelayanan Publik. Kata Kunci: Ombudsman, Pelayanan Publik, Maladministrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:31 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9402 |
Actions (login required)
View Item |