PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02

Achmad, Eka Fitriyani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Hasil dari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Terdapat perbedaan antara disiplin siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional, 2) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA yang mengunakan model pembelajaran discovery learning mencapai KKM 65. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Ekperimental dengan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang diambil dengan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan pretest, posttest dan observasi disiplin. Analisi data menggunakan uji t Paired Sample T test untuk disiplin siswa, dan uji T One Sampel Test untuk mengukur rata-rata kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Tidak ada perbedaan antara disiplin siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional dengan hasil pengujian, karena Lower bernilai positif dan upper bernilai positif atau Sig (2-tailed) = 0,001 < ⍺ = 0,05, 2) rata-rata kemampuan berpikir kritis IPA pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran discovery learning mencapai KKM 65 dengan hasi uji Sig (2-tailed) = 0,363 > ⍺ = 0,05. Kata Kunci : Model pembelajaran discovery learning, disiplin siswa, dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item View Item