PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTIONS DI KELAS IV SDN GONDORIYO 03

Lestiyaningrum, Annisa (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTIONS DI KELAS IV SDN GONDORIYO 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui metode LSQ di kelas IV SDN Gondoriyo 03 Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perenanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gondoriyo 03 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang memiliki minat belajar sangat baik mencapai 16 siswa dengan persentase 84,21% kemudian pada siklus II minat belajar meningkat, jumlah siswa yang memiliki minat sangat baik mencapai 19 dengan persentase 100%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa tuntas yaitu 14 dengan persentase mencapai 73,68%. Pada siklus II meningkat, jumlah siswa tuntas mencapai 16 siswa dengan persentase 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode LSQ dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar di kelas IV SDN Gondoriyo 03. Kata Kunci: Minat, Prestasi Belajar, Metode LSQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:48
Last Modified: 15 Jan 2018 05:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item