PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE (Situs Lazada.co.id)

Permono, Yudhi Tri (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE (Situs Lazada.co.id). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Image
Pernyataan Publikasi.jpg

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAKS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Transaksi online merupakan cara baru dalam melakukan kegiatan jual beli dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Melalui transaksi online pelaku usaha dapat menekan biaya pemasaran serta membantu konsumen dalam menghemat waktu dan biaya. Namun pemanfaatan transaksi online mempunyai dampak negatif terutama bagi konsumen seperti mendapatkan barang tidak sesuai informasi yang diberikan oleh pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses transaksi jual beli secara online (Situs Lazada.co.id) 2) untuk mengetahui masalah dalam transaksi jual beli secara online dan upaya penyelesaiannya Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, artinya penelitian hukum ini dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan 1) proses transaksi jual-beli secara online (Situs Lazada.co.id) meliputi : masuk ke situs/web toko online, memilih jenis barang yang diinginkan, klik perintah pembelian, melakukan transaksi pembayaran, pihak merchant melakukan pengiriman barang 2) masalah dalam transaksi jual beli secara online dan upaya penyelesaiannya meliputi lemahnya kedudukan konsumen terhadap pelaku usaha, keabsahan perjanjian menurut Pasal 1320 KUH Perdata serta tidak ada lembaga penjamin keabsahan toko online. Upaya melalui pemberian trustmark oleh pelaku usaha dalam websitenya, konsumen dapat mengetahui pelaku usaha tersebut merupakan penyelenggara transaksi elektronik yang dapat dipercaya. Pemerintah hendaknya meningkatkan kesadaran konsumen untuk mau melaporkan kerugian akibat transaksi jual beli online. Kata Kunci : Konsumen. Perlindungan Hukum. Transaksi Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:01
Last Modified: 15 Jan 2018 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item