Islamiyyah, Ummi Syari’atul (2017) PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES BERSTRATEGI BAMBOO DANCING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
Abstract
Kata kunci : Model-Eliciting Activities, Bamboo Dancing, kemampuan penalaran matematik, aktivitas Belajar. Kemampuan penalaran merupakan aspek yang sangan penting. Kemampuan penalaran matematik adalah sebuah aktivitas yang diawali dengan cara berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan hingga menyimpulkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan penalaran matematik siswa materi Lingkaran kelas VIII dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancing mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75%, perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematik siswa materi Lingkaran kelas VIII dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancing lebih baik dibanding siswa yang memperoleh Model pembelajaran PBL, dan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancing berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ky Ageng Giri Kesumo Banyumeneng Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random), terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancng dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Model Problem Based Learning. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata dan uji kelinieran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) presentase kemampuan penalaran matematik dengan pembelajaran Model-Eliciting activities berstrategi Bamboo Dancing mencapai ketuntasan klasikal sebesar 89%; (2) rata-rata tes kemampuan penalaran matematik dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancing sebesar 77,79 sedangkan rata-rata tes kemampuan penalaran matematik dengan pembelajaran Problem Based Learning sebesar 70,74, hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kelas kontrol; (3) terdapat berpengaruh positif aktivitas belajar terhadap kemampuan penalaran matematik dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berstrategi Bamboo Dancing dengan model reresi Y ̂=-24,833+1,215x yang bersifat linier. Besarnya pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan penalaran matematik diketahui dari nilai R^2 (indeks determinasi) sebesar 76%, sedangkan variabel lain yang mempengaruhi kemampuan penalaran siswa sebesar 24%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7961 |
Actions (login required)
View Item |