Mauludiyah, Lutfiana (2017) PENERAPAN PROBING PROMPTING DENGAN MODIFIKASI SISTEM SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK 1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
Abstract
Kata Kunci: Berpikir Kritis,Probing Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, respon siswa terhadap pembelajaran Probing Prompting dengan modifikasi sistem sosial, dan dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 78. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methots dengan model concurrent embedded dengan model embedded eksperimentalmodel. Penelitian menggunakan metode primer untuk metode penelitian kuantitatif dan metode sekunder untuk metode penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan terutama untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII I SMP Negeri 32 Semarang dengan pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas VIII I SMP Negeri 32 Semarang tahun ajaran 2016 / 2017. Peneliti menggunakan metode pemberian tes kemampuan berpikir kritis kepada 32 siswa di kelas VIII I, wawancara kepada 8 siswa dan pemberian angket respon siswa kepada 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir berfikir kritis siswa kelas VIII I dalam pembelajaran model Probing Prompting dengan modifikasi sistem sosial pada materi garis singgung lingkaran yaitu mayoritas siswa mempunyai kemampuan berpikir sangat kritis sebanyak 18 siswa (56,3%), memiliki kemampuan berpikir kritis sebanyak 14 siswa (43,8%), respon siswa menanggapi modifikasi sistem sosial model Probing Prompting sebagian besar menjawab ya berarti siswa sangat antusias, sehingga siswa merespon dengan baik dan memberikan feedback dengan memiliki kemampuan berfikir kritis dengan baik, kemampuan berpikir kritis kelas VIII I pada pembelajaran model Probing Prompting modifikasi sistem sosial dapat mencapai KKM sebesar 78 pada materi garis singgung lingkaran dengan nilai lebih dari atau sama dengan 78 yaitu sebanyak 26 siswa (81,3%) sedangkan belum tuntas atau nilai yang diperoleh kurang dari 78 sebanyak 6 siswa (18,8%). Hasil uji t one sampel menunjukkan nilai thitung sebesar 59,042 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa rat a-rata nilai post test siswa tidak kurang dari 78.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Probing Prompting dengan modifikasi sistem sosial dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII i SMP N 32 Semarang. Saran bagi guru agar lebih inovatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:42 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7944 |
Actions (login required)
View Item |