IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Wijayanto, Jejen (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)

Abstract

Kata Kunci : PQ4R, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifikpada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifikdalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Keefektifan dalam penelitian ini didasarkan pada : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifikmencapai ketuntasan minimal; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifiklebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review(SQ3R); dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifik. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang. pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, sampel penelitian ini yaitu kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan validasi. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Huberman. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji instrumen tes, uji ketuntasan, uji banding, dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) desain model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifikyang dilaksanakan dikelas VII I SMP Negeri 39 Semarang pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan enam tahapan meliputi Previewmelalui kegiatan mengamati, Questionmelalui kegiatan menanya, Readmelalui kegiatan mengumpulkan informasi, Reflectmelalui kegiatan mengumpulkan informasi dan mengasosiasi/mengolah informasi, Recitemelalui kegiatan mengasosiasi/mengolah informasi dan mengkomunikasikan dan Review dan (2) implementasi model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan Pendekatan Saintifikefektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:42
Last Modified: 24 Nov 2017 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7940

Actions (login required)

View Item View Item