Efendi, Idrus (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARANATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (992kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Koneksi Matematis, ARCS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII pada pembelajaran ARCS (Attention, relevance, confidence, satisfaction) ditinjau dari kemampuan awalnya yaitu, tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Semarang yang terdiri atas 2 siswa dari masing-masing tingkat kemampuan awalnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data siswa, metode tes tertulis dan metode wawancara yang bertujuan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Sebelum dilakukan tes, siswa mengikuti pembelajaran model ARCS terdiri atas 4 kompunen, yaitu Attention (perhatian), Relevance (relevansi), Confidence (rasa percaya diri) dan Satisfaction (kepuasan). Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan koneksi matematis, yaitu membuat koneksi dalam matematika, membuat koneksi antara matematika dengan disiplin ilmu lain membuat koneksi antara matematika dengan kehidupan nyata. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa, yaitu (1) Siswa yang berkategori tinggi pada kemampuan awalnya mampu menyelesaiankan tes kemampuan koneksi matematis dan mampu menjelaskan secara lisan alasan tiap langkah penyelesaiannya. (2) Siswa yang berkategori sedang pada kemampuan awalnya mampu menyelesaiankan tes kemampuan koneksi matematis dan mampu menjelaskan secara lisan alasan tiap langkah penyelesaiannya, namun dalam penyelesaian tes, siswa tidak menuliskan langkah perhitungan yang benar. (3) Siswa yang berkategori rendah pada kemapuan awalnya belum mampu menyelesaiakan tes kemapuan koneksi dengan kehidupan nyata, siswa belum mampu menjabarkan proses perhitungan dengan benar danbelum mampu menjelaskan secara lisan alasan tiap langkah penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru membiasakan siswa yang berkateogori sedang agar dalam menyelesaikan soal sesuai dengan langkah perhitungan yang benar, dan siswa yang berkategori rendah diberikan bimbingan lebih dalam menganalisis permasalahan, sehingga dapat memahami permasalahan dan menyelesaikannya, serta memberikan latihan soal yang lebih beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:42 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7939 |
Actions (login required)
View Item |