Luhuria, Luhuria (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI BENTUK ALJABAR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching mencapai KKM yaitu nilai 75, mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran STAD pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar serta mengetahui pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada model Reciprocal Teaching pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar pada kelas VIII semester gasal SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester gasal SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, dan diperoleh siswa kelas VIII-A4 sebagai kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran Reciprocal Teaching) yang berjumlah 33 siswa dan kelas VIII-A3 sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran STAD) yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan dalam 4 kali pertemuan kelas eksperimen dan 4 kali pertemuan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji t satu sampel, uji t dua sampel dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian dengan α=5% menunjukkan bahwa : (1) hasil one sample T Test diperoleh nilai mean sebesar 81,88 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,004 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan yaitu KKM 75; (2) mean kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 81,88 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 76,03; (3) adanya pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 27,4% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂ = -55,469 + 1,731 x.Model pembelajaran Reciprocal Teachingefektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar. Model pembelajaran Reciprocal Teachingdapat digunakan guru sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:41 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7930 |
Actions (login required)
View Item |