Rahmawati, Fitriana (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA MICROSOFT WORD BERMUATAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 32 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (835kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci : keterampilan menulis poster, model pembelajaran think talk write, media microsoft word, bermuatan sosiologi pendidikan. Berdasarkan obervasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa keterampilan menulis poster siswa kelas VIII D SMP Negeri 32 Semaranng masih rendah dan perlu ditingkatkan. Siswa masih merasa kesulitan memilih kata dan kalimat yang menarik dan persuasif. Siswa juga merasa kesulitan membuat poster yang kreatif dan menarik untuk ditampilkan. Media yang digunakan guru dalam membelajarkan menulis poster juga masih kovensional. Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan penelitian tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa; 2) bagaimana peningkatan motivasi menulis siswa; dan 3) bagaimana peningkatan sikap belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 32 Semarang dalam materi menulis poster dengan model pembelajaran think talk write melalui media microsoft word bermuatan sosiologi pendidikan?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan sikap belajar siswa, dan peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat siklus, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan prasiklus, peneliti melakukan tahap pratindakan yang berupa tes awal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 32 Semarang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis poster, model pembelajaran think talk write, media microsoft word dan bermuatan sosiologi pendidikan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tugas yang berisi perintah menulis poster, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, jurnal, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan keterampilan siswa terlihat dari perubahan nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada prasiklus diperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 50.41, pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 63,06, pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 76,32, dan pada siklus III diperoleh hasil rata-rata 82.70. Peningkatan pada siklus II dan III sudah mencapai KKM yaitu 75. Peningkatan pada siklus II dan III dicapai dengan rata-rata 76,06 dan 82,70. Peningkatan sikap tahap prasiklus diperoleh rata-rata 61,83, tahap siklus I diperoleh rata-rata 64,54, siklus II diperoleh rata-rata 65,80 dan siklus III diperoleh rata-rata 67,41. Pada angket motivasi tahap prasiklus diperoleh rata-rata 54,83, siklus I diperoleh rata-rata 58,51, siklus II diperoleh rata-rata 58,93 dan siklus III diperoleh rata-rata 64,54. Sikap belajar dan motivasi siswa sudah meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sebagai alternatif pada pembelajaran menulis poster dan media microsoft word sebagai alternatif pada pembelajaran menulis poster agar pembelajaran lebih bervariasi. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis poster dengan semangat dan berperilaku positif, sehingga siswa dapat menuangkan ide secara bebas dalam bentuk poster dengan baik dan menarik. Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian serupa denganmedia pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:38 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7910 |
Actions (login required)
View Item |