Fatmawati, Dewi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUAL) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BANDUNGAN SATU ATAP. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1.COVER.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Keterampilan menulis puisi, model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual). Penelitian dengan judul Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran SAVI pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bandungan Satu Atap. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimana peningkatan hasil belajar. (2) peningkatan sikap belajar, dan (3) peningkatan motivasi belajar menulis puisi dengan model SAVIpada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bandungan Satu Atap. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, sikap belajar, serta motivasi belajar menulis puisi dengan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bandungan Satu Atap. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang meliputi empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu, siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bandungan Satu Atap. Variabel penelitian ini yaitu, menulis puisi dan model pembelajaran SAVI. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes terdiri atas hasil tes menulis puisi peserta didik, dan teknik nontes terdiri atas wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi foto serta video. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,87, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,30, dan pada siklus III diperoleh nilai rata sebesar 81,29. Sedangkan hasil nontes sikap peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,83%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,57%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,43%. Hasil nontes motivasi peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,30%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,30%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 77,68%. Berdasarkan hasil tes dan hasil nontes, nilai peserta didik meningkat. Peserta didik lebih antusias, aktif, dan kreatif ketika mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:37 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7908 |
Actions (login required)
View Item |