PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV SD N GENUKSARI 02 SEMARANG

Prasetiyaningrum, Octariani (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV SD N GENUKSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah peningkatan disiplin dan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Genuk Sari 02. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Genuk Sari 02 yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Adanya peningkatan disiplin siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah skor 3975 dengan persentase 84,57% termasuk kriteria motivasi siswa cukup baik. Pada siklus II diperoleh skor 4140 dengan persentase 88,08 % termasuk kriteria disiplini sangat baik. adanya peningkatan prestasi belajar ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 48,93 dengan persentase ketuntasan belajar 59,57 %. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 65,69 dengan persentase ketuntasan 87,23 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Genuk Sari 02. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Talking Stick

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:05
Last Modified: 30 Dec 2016 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item