Arbianto, Muh. Saudi (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI GAYA MELALUI MODEL INQUIRY DI KELAS IV SD NEGERI BANJARSARI 2. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan harus dimiliki oleh setiap manusia dalam belajar. Namunsiswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 2 belum memiliki kedisiplinan optimal. Akibat dari kedisiplinan yang kurang optimal prestasi belajar siswa juga menjadi kurang optimal juga. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cara meningkatkankedisiplinan belajar siswa dan prestasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 2 dalam pembelajaranIPA melalui model pembelajaran Inquiry dan mengetahuibesar peningkatannya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus.Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 2. Data kedisiplinan siswa dikumpulkan menggunakan teknik angket. Data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan postest dan pretest dengan bentuk soal pilihan ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa meningkat. Pada siklus I rata-rata kedisiplinan siswa 69,75. Pada siklus II kedisiplinan siswa meningkat dibandingkan siklus I, pada siklus II mendapatkan rata-rata 84,58% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Prestasi belajar IPA juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 54,8% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan, pada siklus II mendapatkan ketuntasan 84% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar, Inquiry
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:05 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
View Item |