ANALISIS ISI RUBRIK MODE MAJALAH GADIS DALAM PEMBENTUKAN TREN MODE TAHUN 2015 (Majalah Gadis Edisi bulan Januari sampai bulan Juni tahun 2015)

Lestari, Hanifah Puzi (2016) ANALISIS ISI RUBRIK MODE MAJALAH GADIS DALAM PEMBENTUKAN TREN MODE TAHUN 2015 (Majalah Gadis Edisi bulan Januari sampai bulan Juni tahun 2015). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Majalah merupakan media massa yang memberikan informasi, hiburan, dan sebagai salah satu yang turut mengkontruksi realitas sosial di masyarakat melalui rubrik-rubrik yang ada didalamnya. Dan majalah juga merupakanperantara penyampaian tren yang paling cepat. Majalah Gadis bukanlah majalah mode tetapi memiliki rubrik mode yang menampilkan mode-mode pakaian yang sedang in saat ini. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana isi rubrik mode majalah Gadis dalam pembentukan tren mode pada tahun 2015. Untuk menganalisa penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan teknik analisa data Grafik berdasarkan pendekatan positivisme (objektif) untuk memudahkan untuk membaca hasil. Dan membaginya menjadi tujuh kategori analisis. Tujuh kategori itu ialah: Tema Pakaian, Jenis Pakaian, Motif Pakaian, Rok, Celana, Alas Kaki, dan Aksesoris. Alasan menggunakan metode ini adalah untuk mendeskripsikan isi dari rubrik mode majalah Gadis dalam pembentukan tren mode melalui tujuh kategori yang dianalisis. Penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting untuk mengupas permasalahan dalam penelitian. Berdasarkan analisis yang dilakukan setiap kategori memiliki sub-kategori yang muncul secara dominan. Pada tema pakaian yang mendominasi adalah tema monochrome sebesar 39% , jenis pakaian yang mendominasi adalah dress sebesar 28%, motif pakaian yang mendominasi adalah bunga-bunga sebesar 28%, kategori rok yang mendominasi mini skirt atau rok pendek sebesar 48%, kategori celana yang mendominasi adalah short atau celana pendek sebesar 39%, kategori alas kaki yang mendominasi adalah ankle boots 29% , dan kategori aksesoris yang mendominasi adalah tas sebesar 24%. Majalah Gadis salah satu yang telah membentuk realitas sosial yaitu tren mode yang ditampilkan pada rubrik mode melalui ketujuh kategori yang muncul dominan. Dalam penelitian ini diharapkan pihak redaksi majalah Gadis untuk menyaring lagi mode-mode yang ditampilkan untuk tidak terlalu merujuk pada budaya barat dan disesuaikan dengan budaya berpakaian di indonesia. Kata Kunci: Majalah, Rubrik Mode, Tren Mode, Analisis Isi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:32
Last Modified: 21 Nov 2016 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item