Syukri, Muhammad (2016) ASPEK-ASPEK HUKUM YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH TERHADAP BANK SYARIAH (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga). Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Perbankan syariah membantu pemerintah dalam menyediakan dana bagi masyarakat untuk modal usaha. Salah satu strategi yang harus dilakukan oleh bank syariah untuk meningkatkan kepuasan nasabah adalah memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi dengan menerapkan aspek-aspek hukum perbankan syariah dalam pelaksanaannya. Berdasarkan pada latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan, yaitu aspek-aspek hukum yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga serta hambatan pelaksanaan aspek-aspek hukum yang dapat yang mempengaruhi kepuasan nasabah dan upaya penyelesaiannya di Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, menganalisis, dan memberikan penjelasan mengenai aspek-aspek hukum yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga serta hambatan pelaksanaan aspek-aspek hukum yang dapat yang mempengaruhi kepuasan nasabah dan upaya penye-lesaiannya di Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yang diharapkan mampu memberi gambaran secara rinci, sistematis, dan menyeluruh mengenai segala hal yang berhubungan dengan objek yang akan diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dan dari bahan-bahan pustaka yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, yang kemudian dianalisa secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aspek-aspek hukum yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga, antara lain adalah : (a) menghindari riba, maisir, gharar, haram dan zalim; (b) hubungan yang saling menguntungkan; (c) tidak menyalahgunakan kepercayaan; (d) melaksanakan prinsip-prinsip hukum Islam, (e) memper¬hatikan prinsip-prinsip corporate governance; (f) memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian (g) penilaian kelayakan nasabah serta melalui BI Checking; (g) membuat perjanjian atau akad; (h) meminta jaminan dari nasabah jika diperlukan; serta (i) mengutamakan penyelesaian sengketa secara musyawarah dan mediasi. Hambatan pelaksanaan aspek-aspek hukum yang dapat yang mem-pengaruhi kepuasan nasabah, diantaranya adalah : (a) minimnya sumber daya manusia di bidang perbankan syariah; (b) tingkat pemahaman masyarakat yang masih rendah; (c) pelaksanaan kegiatan usaha bank syariah yang belum maksimal; dan (d) pelayanan yang belum maksimal. Adapun upaya penyelesaiannya adalah : (a) menyiapkan sumber daya manusia; (b) sosialisasi keunggulan bank syariah; (c) memaksimalkan kegiatan usaha dan mengembangkan produk bank syariah; dan (d) mengembangkan jaringan kantor bank syariah serta menerapkan Shared Values Bank Syariah Mandiri (ETHIC). Kata kunci : Aspek Hukum, Kepuasan Nasabah dan Bank Syariah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5557 |
Actions (login required)
View Item |