PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01

Herdini, Resti Ayu (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

IPS merupakan suatu bahan kajian terpadu yang merupakan penyederhanaan dari konsep-konsep dan keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi dan ekonomi. Hasil pengematan di SD Negeri Pesarean 01 dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional, peserta didik yang ada pasif dalam proses pembelajaran dan prestasi yang diperoleh masih kurang memuaskan. Oleh karena itu model CTL merupakan pemilihan yang tepat untuk menunjang rasa ingin tahu dan prestasi belajar peserta didik, model CTL merupakan pembelajaran yang membantu peserta didik untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata sehingga pembelajarn akan menjadi bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 01 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kinerja guru dalam mengajar mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh nilai 65,8 kriteria cukup (C) dan untuk siklus II memperoleh nilai 89,5 kriteria sangat baik (SB), sehingga peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 23,7. Penggunaan model CTL terdapat peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar, pada siklus I memperoleh nilai 72,31% krieria baik (B) dan pada siklus II memperoleh nilai 82,23% kriteria sangat baik (SB), peningkatan rasa ingin tahu pada siklus I dan II 9,92%. Prestasi belajar pada siklus I mempunyai rata-rata 64,2% katagori cukup (C) dan ketuntasan belajar 34,1% kriteria kurang baik (KB) dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,6% kriteria sangat baik (SB) untuk ketuntasan belajar 92,8% kriteria sangat baik (SB). Peningkatan pada prestasi belajar 18,4 sedangkan untuk ketuntasa belajar klasikal meningkat 58,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model CTL dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar di kelas IV SD Negeri Pesarean 01. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model CTL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:17
Last Modified: 04 Oct 2016 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item