PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANTENGAN

Fitriyati, Nurul (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANTENGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA melalui model Team Assisted Individualization di kelas V SD Negeri 2 Bantengan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap tanggung jawab siswa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan skor akhir indikator tanggung jawab siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa yang mencapai skor minimal baik sebanyak 28% (8 siswa) sedangkan pada siklus II sebanyak 86% (25 siswa). Peningkatan sikap tanggung jawab siswa diperkuat dengan peningkatan nilai belajar IPA. Ketuntasan pre tes siklus I sebanyak 55% (16 siswa) sedangkan pada post tes sebanyak 69% (20 siswa) dan interpretasi peningkatan nilai belajar IPA pada siklus ini sebanyak 0,20 atau kategori rendah. Persentase ketuntasan pre tes siklus II sebanyak 76% (22 siswa) sedangkan pada post tes sebanyak 86% (25 siswa) dan interpretasi peningkatan nilai belajar IPA pada siklus ini sebanyak 0,36 atau kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bantengan. Kata kunci: Tanggung jawab, Nilai belajar, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:15
Last Modified: 04 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item