Irena, Olifvia (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS MATERI PECAHAN BERBANTUAN PAPAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 1 SUKODONO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK1.pdf Download (15kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas mata pelajaran Bahasa Matematika materi pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Divisions di kelas IV SDN 1 Sukodono, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tiap tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Sukodono yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, angket kreativitas siswa dan tes evaluasi siswa. Kondisi awal siswa sebelum diadakan penelitian, prestasi belajar siswa pada materi pecahan mata pelajaran Matematika kurang dan sikap kreativitas siswa masih rendah. Hal itu dikarenakan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang biasa saja dan guru hanya mengunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Setelah melaksanakan penelitian, terlihat adanyapeningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 27,615%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 84,295%. Kemudian adanya peningkatan kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek kreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,12% dengan kriteria kreativitas sedang. Pada siklus II diperoleh rata-rata 90,25% dengan kriteria kreativitas tinggi atau sangat baik. Adanya Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa di kelas IV SDN 1 Sukodono. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kreativitas, Model STAD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 02:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 02:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5332 |
Actions (login required)
View Item |