Herdinawati, Fina (2016) REPRESENTASI PEREMPUAN PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DALAM NOVEL JUGUN IANFU: JANGAN PANGGIL AKU MIYAKO KARYA E. ROKAJAT ASURA DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA ISLAM TEMBARAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
5.SARI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
8.DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
14.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text
15.BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
17.BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text
16.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
|
Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: representasi perempuan, novel Jugun Ianfu, feminisme Islam, penerapan pembelajaran. Penelitian ini berjudul Representasi Perempuan pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia dalam Novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako Karya E. Rokajat Asura dan Pembelajarannya di Kelas XI SMA Islam Sudirman Tembarak. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah representasi perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura, sistem jugun ianfu di Indonesia dan penerapan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan representasi perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura, dan sistem jugun ianfu di Indonesia; (2) mendeskripsikan pembelajaran sastra membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel/hikayat dengan novel Jugun Ianfu di kelas XI SMA Islam Sudirman Tembarak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif berupa analisis novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura yang menunjukkan representasi perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Penelitian kuantitatif berupa penerapan pembelajaran sastra membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel/hikayat dengan novel Jugun Ianfu di kelas XI SMA Islam Sudirman Tembarak dengan metode pre-experimental. Pendekatan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra, feminisme barat, dan feminisme Islam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Representasi perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia dalam novel Jugun Ianfu merepresentasikan (a) Perempuan kelas dua yang harus mengalah dan tidak dihargai prestasinya. (b) Ketimpangan gender: stereotip, marginalisasi, beban kerja (double burden), violence. (c) Perjuangan kesetaraan gender. (2) Novel Jugun Ianfu dapat diterapkan dalam materi membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel/hikayat kelas XI SMA Islam Sudirman Tembarak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 02:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 02:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5297 |
Actions (login required)
View Item |