HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FIK UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

LISKARIANI, LISKARIANI (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FIK UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pendidikan merupakan suatu proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Keluarga yang jarang mendukung anaknya dalam belajar, akan mempengaruhi nilai yang didapatkan. Motivasi belajar pada mahasiswa mempunyai dampak positif dan dampak negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Metode: Kuantitatif korelasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel 98 responden dan diolah dengan uji Spearman. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan Spearman diperoleh hasil bahwa dukungan keluarga dan motivasi belajar memiliki nilai p-value 0,000. Dukungan keluarga sebagian besar dengan kategori cukup sebanyak 47 responden dengan persentase (48,0 %), motivasi belajar sebagian besar dengan kategori cukup sebanyak 53 responden dengan persentase (54,1 %) dan prestasi belajar sebagian besar dengan kategori baik sebanyak 71 responden dengan persentase (72,4 %). Kesimpulan: Ada hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar p-value = 0,000, dengan tingkat keeratan sedang dan arahnya positif yaitu 0,435 dan Ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar p-value = 0,000 dengan tingkat keeratan sedang dan arahnya positif yaitu 0,517. Kata kunci: Dukungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:30
Last Modified: 01 Sep 2016 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item