PENGARUH MENULIS EKSPRESIF “PENGALAMAN EMOSIONAL” TERHADAP EMOSI MARAH PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISSULA

Solichah, Zaidatus (2015) PENGARUH MENULIS EKSPRESIF “PENGALAMAN EMOSIONAL” TERHADAP EMOSI MARAH PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISSULA. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh menulis ekspresif “pengalaman emosional” terhadap emosi marah pada mahasiswa fakultas psikologi. Penelitian dilakukan pada 20 mahasiswa yang memiliki karakteristik usia 18-21 tahun (remaja akhir). Mahasiswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara/diskusi, analisis hasil menulis ekspresif, lembar tugas rumah serta lembar self monitoring. Hipotesis yang diajukan adalah Menulis ekspresif “pengalaman emosional” dapat menurunkan emosi marah pada mahasiswa fakultas psikologi. Analisis dilakukan dengan uji statistik non parametrik. Mann-Whitney U menunjukan asumsi signifikansi untuk uji satu arah pada pretest (sig.=0.106)>0.05, posttest (sig.=0.032)<0.05, follow-up (sig.=0.081)>0.005. Uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen tahap pretestposttest(sig.=0.222)>0.005,posttest-follow up (sig.=0.0485)<0.05, pretest-follow up (sig.=0.053)>0.05. Hal ini menunjukan bahwa menulis ekspresif “pengalaman emosional” dapat menurunkan emosi marah pada mahasiswa fakultas psikologi, yang berada dalam kelompok eksperimen. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok kontrol tahap pretest-posttest (sig. = 0.439)> 0.05,posttest-follow up(sig. = 0.086)> 0.05, pretest-follow up(sig. = 0.2225)> 0.05. Hal ini menunjukan bahwa tidak terjadi penurunan emosi marah pada mahasiswa fakultas psikologi dalam kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengisian lembar self monitoring dan analisis visual inspeksi yang diberikan setelah posttest menunjukan adanya penurunan frekuensi emosi marah pada kelompok eksperimen setelah menulis ekspresif. Kata kunci : Menulis ekspresif, pengalaman emosional, emosi marah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 05:49
Last Modified: 16 Feb 2016 05:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item