Wicaksono, Muhammad Satrio (2021) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 DEMAK DALAM MENGHADAPI SFH (School From Home) PADA MASA PANDEMI COVID19. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.
Text
30701700078_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian akademik dengan motivasi belajar siswa menghadapi SFH (School From Home) pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan subjek sebanyak 432 siswa kelas X di SMAN 1 Demak. Metode pengambilan sampel memakai cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala motivasi belajar dalam menghadapi SFH, dengan jumlah item 30, dengan reliabilitas 0.838 dan skala penyesuaian akademik dengan jumlah item 32, dengan reliabiltas 0.836. Analisis data menggunakan korelasi Product moment menunjukkan adanya korelasi antara penyesuaian akademik dengan motivasi belajar dalam menghadapi SFH pada masa pandemi Covid-19 sebesar = 0,642, dengan signifikansi = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti terindikasi adanya hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian akademik dengan motivasi belajar siswa dalam menghadapi SFH pada masa pandemi Covid-19 dapat diterima. Penyesuaian akademik memberikan sumbangan efektif sebesar 41,3% pada motivasi belajar siswa dalam menghadapi SFH pada masa pandemi Covid-19 dan sebesar 59,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci : Motivasi belajar dalam menghadapi SFH, Penyesuaian Akademik, Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24258 |
Actions (login required)
View Item |