PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SECARA DARING DI SDN MUKTIHARJO KIDUL 02 PEDURUNGAN SEMARANG

Dewi, Windy Ovi Kumala (2021) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SECARA DARING DI SDN MUKTIHARJO KIDUL 02 PEDURUNGAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700122_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran selama pandemic covid-19 dilakukan secara jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Pembelajaran di masa sekarang telah membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, oleh karena itu guru agama Islam memegang peranan penting dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar secara daring. Penelitian dilakukan di SDN Mukitharjo Kidul 02 Pedurungan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologis. Data dalam penelitian ini diperoleh dalam bentuk observasi, wawancara dan pencatatan dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Data dari penelitian ini menggambarkan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SDN Mukitharjo Kidul 02 Pedurungan Semarang secara daring. Sumber data utama adalah wawancara dan observasi terhada guru pendidikan agama Islam dan peserta didik. Sumber data sekunder berupa foto dan catatan terkait peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik secara daring. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran daring yaitu minimnya alat atau media yang digunakan untuk proses pembelajaran, kurangnya pengawasan orang tua, dan link yang diberikan oleh guru tidak dapat dibuka. Oleh karena itu, dalam pembelajaran secara daring, guru berperan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, yaitu peran guru sebagai pembimbing, motivator, inovator, fasilitator dan evaluator. Dilihat dari hasil penelitian ini, disarankan agar guru berperan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam segala keadaan. Disamping itu, guru juga harus lebih memahamiyang tentang kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:07
Last Modified: 20 Jun 2022 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22937

Actions (login required)

View Item View Item