KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI KUNINGAN 01 SEMARANG.

Siswanti, Putriana (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI KUNINGAN 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (655kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (824kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700100_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang didukung dengan adanya jaringan internet, Pembelajaran daring mulai diberlakukan pada pembelajaran agama Islam sejak pandemi Covid-19, tidak terkecuali di SD Negeri Kunigan 01 Semarang, Keefektifan pembelajaran daring memerlukan penelitian lebih lanjut agar diketahui pengaruhnya terhadap hasil pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dari segi proses, efektivitas pembelajaran daring dari segi hasil dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: segi proses belum efektif, pelaksanakan pembelajaran daring melalui peragkat whatsapp group dan link youtube, dengan memberikan tugas mingguan, pada tahap evaluasi dari setiap minggu dalam bentuk tugas-tugas yang dikirimkan secara berkala.segi hasil walaupun terhalang sejumlah aspek lain yang tidak mendukung. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil belajar peserta didik yang telah memenuhi KKM dengan presentase kelulusan sebanyak 93% dari jumlah peserta didik yang ada. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI, Dapat disimpulkan faktor pendukung kebih banyak sehingga factor penghambat dapat diatasi dengan baik. Kata kunci : Efektivitas, PAI, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:37
Last Modified: 10 Jun 2022 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22911

Actions (login required)

View Item View Item