Aeni, Nurul (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MAN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (904kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (505kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (778kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (619kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
S1 Tarbiyah_31501700097_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi guru dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kendal, strategi guru dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal dan Faktor penghambat dan Penunjang dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal, 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal, 3) Faktor penghambat dan penunjang yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak di MAN Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain data primer berupa informasi dari guru akidah akhlak dan siswa MAN Kendal, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kendal. Hasil penelitian menunjukkan Minat belajar siswa MAN Kendal terhadap pelajaran akidah akhlak meningkat seiring berjalannya proses pembelajaran, guru menggunakan Strategi Ekspositori dan Inkuiri. Namun selain kedua cara tersebut, cara lain antara lain bertindak sebagai mentor, mediator, inspirasi, evaluator, informan, fasilitator, korektor dan bertindak sebagai motivator. Faktor penunjang pelaksanaan strategi dalam pembelajaran adanya motivasi pada peserta didik, rasa ingin tahu, sarana dan prasarana pembelajaran yang memadahi, faktor penghambat ada pada diri siswa sendiri seperti peserta didik tidak mau menanggapi penjelasan dari guru. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 07:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 07:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22910 |
Actions (login required)
View Item |