IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP KESATRIAN 1 SEMARANG

ANGGRAENI, DIAH PUTRI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP KESATRIAN 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700035_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI; (2) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI; (3) Evaluasi pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI di SMP Kesatrian 1 Semarang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menempuh tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan yaitu membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan perlengkapan atau media pembelajaran bahan ajar terkait pokok-pokok penting yang akan dibahas; (2) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning yakni dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dikelas dan pembelajaran daring berbasis google classroom sebagai tindak lanjut dalam menyampaikan materi maupun penugasan; (3) Evaluasi pembelajaran Blended Learning dilakukan dengan cara mengevaluasi factor-faktor penghambat atau kendala dalam pelaksanaannya yang sebagian besar terletak pada pembelajaran daring yakni dengan memberikan motivasi atau dorongan ketika pembelajaran luring dan juga dapat menggunakan berbagai macam variasi gaya mengajar sehingga menumbuhkan semangat peserta didik untuk belajar. Kata Kunci : Teknologi, Blended Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:26
Last Modified: 09 Jun 2022 04:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item