UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL IRSYAD GAJAH DEMAK

WHARYANTI, ANIK (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL IRSYAD GAJAH DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700034_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan saat ini telah dihadapkan dengan berbagai tantangan, sekolah/madrasah berlomba-lomba dalam meraih predikat unggul dan berkualitas untuk menarik minat masyarakat, utamanya pada basic pendidikan agama Islam. Menjawab tantangan ini, jati diri guru sebagai jantung lembaga pendidikan, khususnya guru PAI memiliki tanggungjawab dalam memberikan pembelajaran dan pengajaran yang baik. Penelitian ini berjudul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MTs Al Irsyad Gajah Demak”, memiliki rumusan masalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan strategi apakah yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) guru PAI di MTs Al Irsyad Gajah Demak telah melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan taraf baik. (2) strategi yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam diantaranya: membuat perencanaan pembelajaran dengan menyusun silabus dan RPP, memilih penggunaan metode yang tepat, menggunakan media pembelajaran, melaksanakan evaluasi, dan mengembangkan program keagamaan. Kata kunci: Guru, Pendidikan Agama Islam, Peningkatan Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:24
Last Modified: 09 Jun 2022 04:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item