Rahayu, Indah (2021) ORIENTASI SOCIAL MEDIA DAN PENCIPTAAN PENGETAHUAN UKM DI ERA COVID-19 : PERSPEKTIF MIX METHODS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (706kB) |
|
Text
Magister Manajemen_20401900037_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis anteseden peran social media orientation untuk meningkatkan organizational performance pada UKM fashion Jawa Tengah dan mengeksplorasi bagaimana peran social media orientation untuk knowledge creation. Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan terhadap pelaku UKM untuk merubah bisnis ke arah digital dengan memanfaatkan social media instagram, facebook dan tiktok sebagai media untuk penunjang kegiatan bisnis serta wadah untuk proses penciptaan pengetahuan. Dalam meningkatkan kinerja di era pandemi COVID-19 dapat melalui beberapa veariabel pada penelitian ini, yaitu: social media orientation, structural social capital, dan knowledge creation. Peran social media sebagai jembatan (networking) untuk selalu terhubung dengan stakeholder secara online baik untuk personal maupun interpersonal anggota sehingga membuka peluang untuk terciptanya pola kerja sama sehingga mampu meningkatkan kinerja organisasi. Penggunaan social media di UKM fashion dapat dikatakan tinggi dan skill yang lincah. Semakin tinggi intensitas penggunaan social media, maka semakin banyak proses penciptaan pengetahuan yang diterima oleh UKM fashion melalui social media. Pengetahuan dijadikan sebagai asset utama dalam proses penciptaan pengetahuan baru, berupa proses sharing knowledge (berbagi pengetahuan) yang berasal dari pihak lain seperti ilmu tentang promosi, harga dan trend terbaru serta menemukan ide- ide baru sehinga anggota UKM untuk selalu berkreativitas dalam meningkatkan inovasi. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan jenis desain concurrent embedded. Sampel penelitian kuantitatif sejumlah 135 UKM dan informan dalam penelitian kualitatif sejumlah 8 manajer UKM dibidang fashion di Jawa Tengah. Persyaratan tambahan responden, UKM minimal sudah 3 tahun menggunakan teknologi digital, omset minimal sepuluh juta, dan memiliki karyawan paling sedikit 5 karyawan. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan sebaran kuesioner dan data kualitatif melalui wawancara. Analisis data masing- masing menggunakan PLS dan tematik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis statistis dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan UKM dalam menggunakan social media sangat tinggi sebagai media untuk penunjang bisnis seperti tempat etalase virtual promosi, emotional bonding, wadah eksistensi diri melalui komunitas dan media untuk berjualan, sehingga membuka peluang lebar untuk meningkatkan pola kerja sama yang terjalin di UKM baik dalam personal maupun interpersonal. Peran social media menjadi penting dalam UKM untuk penciptaan pengetahuan dengan memproses informasi di social media sehingga terciptanya proses learning untuk menciptakan inovasi – inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi. Peran social media mampu sebagai jembatan untuk menjalin kerja sama dan proses penciptaan pengetahuan baru untuk meningkatkan kinerja organiasi UKM. Kata kunci: Pandemi COVID-19, social media orientation, structural social capital, knowledge creation serta organizational performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 03:50 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 03:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22668 |
Actions (login required)
View Item |