HAMDI, MUHAMMAD NURSIDIN (2021) Implementasi Metode At-Tibyan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’ān Anak Usia Dini di TAUD SAQU ( Tahfidz Al-Qur’ān Anak Usia Dini Sahabat Qur’āni ) Nurussunnah di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (442kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (377kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501700019_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas metode at-Tibyan terhadap kemampuan membaca anak TAUD SAQU Nurussunnah Tembalang Semarang, disamping itu untuk memcermati perencanaan dan sintak dari metode at-Tibyan. Metode yang dilakukan pada Penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Obyek pada penelian ini adalah kepala sekolah, guru-guru dan para walisiswa. Adapun hasil hari penelitian ini adalah Guru/ustdzah pengajar metode at-Tibyan disamping mengetahui penerapan metode, mereka juga diharuskan membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tahfidz. Kemudian Metode At-Tibyan yang diterapkan di TAUD SAQU Nurussunnah memiliki 3 tahapan atau sintak yaitu : Tahdir, tamkin dan murojaah. Tahdir adalah guru membaca langsung keseluruhan materi, sementara murid mendengarkan. Kemudian, “Tamkin adalah pemberian materi baru dan murojaah adalah mengulang materi lama. Dan Metode at-Tibyan terbukti menghantarkan prestasi siswa TAUD SAQU Nurussunnah di bidang qiro’atul Qur’an, disamping dan membaca al-Qur’ān dengan fasih, hafal do’a-do’a harian dan hafal 2 hingga 3 juz dan memiliki adab dan kebiasaan belajar yang baik. Kata kunci : Metode at-Tibyan, membaca al-Qur’ān , Implementasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:58 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22612 |
Actions (login required)
View Item |