Kusumaningsih, Denti Wijaya (2021) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (947kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FIK UNISSULA. 59 Halaman + 8 tabel + 2 gambar + 14 lampiran Latar belakang: PBL merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan berkelompok & kolaboratif, terdapat seorang tutor dan skenario sebagai pencetus diskusi. Faktor penting PBL kualitas skenario, kinerja tutor yang berpengaruh terhadap keefektifan diskusi kelompok & berdampak pada pencapaian hasil belajar. Metode: Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner jumlah 95 responden dengan teknik total sampling. Data penelitian diolah menggunakan Uji Pearson. Hasil: Penelitian menunjukkan 86,3% berjenis kelamin perempuan, kinerja tutor dengan kategori baik 84,2%, kualitas skenario dengan kategori cukup baik 63,2%, & keefektifan diskusi dengan kategori baik 51,6%. Pada kineja tutor dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 keeratan hubungan kuat (0,785), serta arah hubungan positif. Pada kualitas skenario dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 dengan keeratan hubungan kuat (0,618) serta arah hubungan positif. Kesimpulan & Saran: Terdapat hubungan kinerja tutor & kualitas skenario terhadap keefektifan diskusi kelompok pada metode belajar PBL di FIK Unissula. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan tutor lebih meningkatkan kinerjanya & mahasiswa ditingkatkan belajarnya agar diskusi berjalan dengan efektif & dapat mencapai keberhasilan belajar. Kata kunci: Keefektifan diskusi kelompok, kinerja tutor, kualitas skenario, PBL Daftar pustaka: 36 (2003-2020)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21880 |
Actions (login required)
View Item |