PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR

Prasetianingrum, Yuliana Opie Eka (2021) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prasetianingrum, Yuliana Opie Eka. 2020. Pengembangan Rencana PelaksanaanPembelajaran Berbasis Gaya Mengajar Interaksional Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Kelas 3 Di Sekolah Dasar,skripsi.Program Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing II : Andarini Permata C., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II : Jupriyanto, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis gaya mengajar interaksional pada tema 6 subtema 2 kelas 3 di sekolah dasar. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tenaga pendidik yang berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan gaya mengajar yang kurang sesuai. Rencana pelaksanaan pembelajaran menurut kurikulum terbaru yang hanya terdiri dari tiga komponen saja yaiu tujuan pembelajaran, kegiatan pembeajaran serta peneilaian pembelajaran. Keterbaruan rencana pelaksanaan pembelajaran akan mempermudah pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE atau Anlyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis gaya mengajar interaksional pada tema 6 subtema 2 di kelas 3 dihasilkan persentase kelayakan dari 4 validator untuk silabus sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, dan persentase 82% untuk rencana pelaksanaan pembelajara dengan kriteria sangat baik. Untuk uji kepraktisan diperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis gaya mengajar interaksional pada tema 6 subtema 2 di kelas 3 dinyatakan layak untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar. Kata kunci : rencana pelaksanaan pembelajaran, gaya mengajar interaksional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:32
Last Modified: 12 Jan 2022 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item View Item