PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BEBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD

Rohmah, Rosikhotur (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BEBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohmah, Rosikhotur. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Bebantuan Media Film Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I: Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Sari Yustiana, S.Pd., M.Pd. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran konvensional hal tersebut dijelaskan guru saat wawancara bahwa beliau kurang menguasai model-model pembelajaran yang cocok digunakan. selain itu, selama pandemi ini proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan whatsapp group sehingga penjelasan terkait materi sangat minim sekali, sehingga siswanya menjadi pasif, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan kurangnya kemandirian belajar siswa, hal itu terlihat ketika guru menjelaskan dan memberikan soal, namun banyak siswa yang kurang percaya diri dalam mengerjakan soal sehingga selalu orangtuanya yang mengerjakan tugas yang diberikan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media film animasi terhadap pemahaman konsep; dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media filem animasi terhadap pemahaman konsep dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA dibandingkan dengan pembelajran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Sample t-Test hasil posttest kelas eksperimen bahwa nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan film animasi (X1) terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SD N Pengkol semester genap tahun pelajaran 2020/2021 (Y1).Sedangkan uji Independent Sample t-Test hasil posttest kelas kontrol dilihat bahwa nilai signifikansi menunjukkan angka 0,200 > 0,05. . Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model PBL berbantuan media film animasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Pengkol; dan (2) Model PBL berbantuan media film animasi memiliki pengaruh yang signfiikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Pengkol dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Media film animasi, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21500

Actions (login required)

View Item View Item